Tuesday, November 15, 2011

cara cepat menghafal rumus trigonometri

PERTAMA
Ingat...Dalam diagram cartesius terbagi menjadi 4 kuadran (kw). kuadran 1 terletak di kanan atas (X dan Y positif), kuadran 2 terletak di kiri atas (X negatif, Y positif), kuadran 3 terletak di kiri bwh (X dan Y negatif), kuadran 4 terletak di kanan bwh (X positif, Y negatif).
nah, nilai trigonometri di tiap kuadran itu berbeda2 (positif atw negatifnya). di kuadran 1, semua nilai trigonometri adalah positif (+). di kuadran 2, HANYA sinus (sin) dan kebalikannya (cosinus) yang bernilai positif, yg lainnya negatif. di kw 3 HANYA tangen (tan) dan cotangen (cot) yg bernilai positif. dan di kw 4, hanya cosinus (cos) dan secan (sec) yg bernilai positif. biar mudah mengingat, dalam bahasa jerman ada kata ASINTOS yg artinya postif. A=All positif (kw 1), SIN=SIN (kw2), T=Tan (kw 3), OS=cOS (kw 4).
KEDUA
jika ada soal seperti ini : sin (90'+A) atau tan (270'+A) (perhatikan angka 90 dan 270 nya). maka nilai trigonometrinya berubah, yg tadinya sin berubah jadi cos (bgitu jg sbaliknya), yg tadinya tan menjadi cot (begitu juga sebaliknya), dan yg tadinya cosec menjadi sec (begitu juga sebaliknya).
KETIGA
Tiap kuadran punya batas sudut 90'. kalo lebih sdikit saja berarti sudah masuk ke kuadran lain.
KEEMPAT

kalo sudah memahami langkah 1,2,3 di jamin apapun soalnya pasti bisa di jawab.

No comments:

Post a Comment