Pentingnya
Kesan Pertama
Kesan pertama akan sangat dirasakan
oleh tamu ketika tamu tersebut datang ke hotel dan penting untuk membangun
hubungan bisnis yang berkelanjutan. Tamu yang disambut dengan hangat akan
mempunyai respon positif terhadap hotel, dan menginginkan respon yang sama dari
semua karyawan hotel lainnya namun apabila tamu tersebut disambut dengan dengan
setengah hati, maka tamu tersebut tidak akan nyaman selama menginap di hotel. Yang
disebut sambutan hangat itu bermacam-macam, mulai dari simpati Front Desk Agent
terhadap traveler, yang sudah menghabiskan waktu berhari-hari untuk bepergian,
mereka dapat merasakan kepenatan dalam diri mereka dan disinilah peran Front
Desk Agent untuk simpati terhadap mereka sangat dituntut. Contoh kasusnya
adalah Mr. Traveler tiba di hotel pada pukul 09.15 pagi untuk melakukan
registrasi ia tampak sangat marah karena terlambat datang untuk presentasi
penting kepada investor group, ia ingin masuk ke kamarnya, drop off bagasi dan
mendapatkan transportasi umum ke tempat presentasi. Cara kerja Front Desk Agent
yaitu, porter menghandle barang Mr.
Traveler, koordinasi concierge untuk menyiapkan taksi dan mempersiapkan kartu
terima penyimpanan barang dan mengantarnya ke loby hotel untuk melakukan
registrasi sebentar dan melanjutkan ke tempat presentasinya. Pemanfaatan waktu
yang baik ini akan membuat Mr. Traveler tiba di tempat presentasi tepat pada
waktunya dan ketika kembali ke hotel ia akan sangat berterima kasih kepada
Clerk yang sedang bertugas, semua dimulai dari keramah-tamahan.
Komponen Proses Registrasi
Proses pendaftaran adalah salah satu
dari banyak titik interaksi dengan tamu, landasan pelayanan yang dimulai dari
sebelum, selama dan setelah tinggal tamu. Bagian ini membahas pentingnya
menanyakan data tamu yang dikonfirmasi
dari proses pemesanan sebelumnya atau dimulai dengan tamu yang datang tanpa
pemesanan kamar sebelumnya. Sementara tamu yang sudah menginap, kita bisa
berkomunikasi dengan mereka, memelihara catatan akuntansi yang akurat,
menanggapi tentang masalah keuangan dan menindaklanjuti layanan yang
diinginkan.
Menanyakan Data Tamu
Ini adalah tahap penting dalam proses
registrasi dan sudah umum di semua hotel melakukannya, fungsinya untuk
mengkoordinasikan bagian lain di hotel untuk mempersiapkan kebutuhan tamu selama
menginap. Apabila ada panggilan telepon, surat masuk ataupun paket serta faks
untuk tamu harus disampaikan dan petugas bellboy harus mendapatkan informasi
yang akurat kepada tamu siapa itu ditujukan, untuk menghindari kesalahan
biasanya digunakan spelling nama tamu yang bersangkutan.
Proses Mendaftarkan Tamu
Terdapat beberapa prosedur untuk
mendapatkan data yang akurat, memastikan tamu mendapatkan pelayanan yang
memuaskan serta cara ini merupakan cara yang efektif dan efisien.
1.
Clerk menangani
tamu yang ingin menginap di hotel
2.
Clerk melayani
tamu dengan ramah tamah
3.
Clerk
menanyakan tentang pemesanan kamar tamu
4.
Tamu melengkapi
kartu registrasi
5.
Clerk melihat
kelengkapan dari kartu registrasi tamu
6.
Clerk
memverifikasi kartu kredit tamu
7.
Clerk
mengalokasikan kamar
8.
Clerk
menetapkan kamar
9.
Clerk
menetapkan harga kamar
10.
Clerk menjual
produk dan servis hotel kepada tamu
11.
Clerk
mempersiapkan kunci kamar
No comments:
Post a Comment