Friday, September 28, 2012

Tugas Front Office PBU VIII (referensi lain tentang first impression dan komponen registrasi tamu)


First Impression! Pentingnya kesan pertama untuk seorang sales person
Dear Colleagues and friends
Apabila kita berkunjung ke sebuah hotel atau Bank maupun dealer mobil mewah di kota kota besar maka kita akan di sambut oleh pramuniaga yang sangat ramah dan menarik dari segi penampilannya. Membuat kesan pertama yang membangkitkan gairah serta kepercayaan kita untuk melanjutkan langkah ke depan.
Kesan pertama dalam awal pertemuan adalah kesan yang paling penting yang dapat di lakukan oleh seorang sales person. Kesan pertama tidak hanya di berlakukan pada sales person dengan category product tertentu saja. Namun itu merupakan sebuah standar baku, wajib dan pokok yang harus di jalani oleh seorang sales person.
Kesan pertama memiliki peranan penting untuk melanjutkan sebuah proses penjualan. Kesan pertama merupakan pondasi awal untuk membangun sebuah pemikiran dan kepercayaan konsumen, prospect maupun klien  kepada seorang sales person.
Berikut adalah beberapa langkah mudah yang di ambil berdasarkan kejadian di lapangan ”Bagaimana memberikan kesan pertama yang hebat ” di antaranya :

1.Tepat waktu
2.Jadilah diri sendiri dan Percaya Diri
3.Berpenampilan yang menarik dan rapi
4.Pelajari segala sesuatu tentang target prospect, konsumen, klien
5.Sambut dengan senyum persahabatan
6.Mulailah ice breaking atau cairkan suasana dengan obrolan pembuka seputar klien.
7.Fokus, dan buat tatapan mata dengan konsentrasi
8.Jangan berbicara yang kontroversial, jangan terlalu banyak berbicara
9.Jangan bercanda terlalu berlebihan dan tidak pada tempatnya
10.Jadilah pendengar yang baik dan menyimak obrolan yang terbentuk
11.Jadilah penglihat situasi yang baik, apabila situasi tidak menunjang maka jangan di paksakan.
12. Bersemangatlah, dan bangunlah senyuman setiap kali ada kesempatan





Komponen Proses Registrasi
Tahap ini biasanya umum digunakan pada saat menangani proses registrasi tamu, diantaranya :
1.       Menyambut Tamu (Welcoming Guest)
2.       Menawarkan Bantuan (Offering Help)
3.       Menanyakan apakah tamu sudah memiliki pemesanan kamar sebelumnya
4.       Menawarkan jenis kamar dan fasilitas hotel dengan Selling Technique
5.       Menetapkan kamar tamu (Assigned Room)
6.       Mendaftarkan Tamu (Registration)
7.       Memeriksa cara pembayaran tamu (Checking Methode of Payment)
8.       Mengkonfirmasi seluruh data (Repeating Data)
9.       Membuat kartu tamu, kupon makan, dan kunci kamar (Issuing Guest Card, Breakfast Meal Coupon, and Room Key)
10.   Mengucapkan salam kepada tamu (Last Greeting)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN (MENYEDIAKAN AKOMODASI RECEPTION)

No comments:

Post a Comment